Analisis SWOT: Pengertian, Faktor, dan Contohnya

by | Jul 27, 2021 | Bisnis, Blog | 0 comments

analisis swot

Analisis SWOT merupakan suatu bentuk perencanaan strategi yang sangat penting bagi perusahaan. Analisis SWOT ini sangat membantu dalam mengembangkan strategi bisnis sehingga dapat membantu dalam membangun sebuah bisnis atau mengembangkan bisnis yang sudah ada menjadi lebih baik lagi.

Pengertian Analisis SWOT

Apa itu analisis SWOT?

SWOT sendiri merupakan singkatan dari Strengh (Kekuatan), Weakness (Kelemahan), Opportunity (Peluang), dan Threat (Ancaman).

Dari singkatan SWOT tersebut dapat disimpulkan bahwa Analisis SWOT adalah suatu metode analisis sederhana yang bertujuan untuk mengetahui aspek-aspek utama dalam sebuah bisnis seperti keunggulan, kekurangan, kesempatan, dan ancaman.

Metode ini dibuat pada 1960-an oleh Albert Humphrey dari Stanford Research Institute, selama penelitian yang dilakukan untuk mengidentifikasi mengapa perencanaan perusahaan gagal secara konsisten. Sejak dibuat, SWOT telah menjadi salah satu alat paling berguna bagi pemilik bisnis untuk memulai dan menumbuhkan perusahaan mereka.

analisis swot

Pertanyaan dalam Analisis SWOT

Untuk melakukan Analisis SWOT, kita perlu membuat beberapa pertanyaan dan menjawabnya sendiri seperti contoh-contoh berikut ini :

– Strength (Kekuatan)

  • Kelebihan apa yang dimiliki oleh organisasi?
  • Apa yang membuat organisasi lebih baik dari organisasi lainnya?
  • Keunikan apa yang dimiliki oleh organisasi?
  • Apa yang menyebabkan kita mendapatkan penjualan?
  • Apa yang dilihat atau dirasakan oleh konsumen kita sebagai suatu kelebihan?

– Weakness (Kelemahan)

  • Apa yang dapat ditingkatkan dalam organisasi?
  • Apa yang harus dihindari oleh organisasi?
  • Faktor apa saja yang menyebabkan kehilangan penjualan?
  • Apa yang dilihat atau dirasakan oleh konsumen kita sebagai suatu kelemahan organisasi kita?
  • Apa yang dilakukan oleh pesaing sehingga mereka dapat lebih baik dari organisasi kita?

– Opportunities (Peluang)

  • Kesempatan apa yang dapat kita lihat?
  • Perkembangan tren apa yang sejalan dengan organisasi kita?

– Threats (Ancaman)

  • Hambatan apa yang kita hadapi sekarang?
  • Apa yang dilakukan oleh pesaing organisasi?
  • Perkembangan Teknologi apa yang menyebabkan ancaman bagi organisasi?
  • Adakah perubahan peraturan pemerintah yang akan mengancam perkembangan organisasi?

Faktor-Faktor Dalam Analisis SWOT

Terdapat 2 faktor utama yang mempengaruhi empat komponen utama analisis SWOT. Faktor tersebut meliputi faktor internal (dari dalam) dan faktor eksternal (dari luar).

– Faktor Internal

Faktor Internal meliputi Strengths (kekuatan) dan Weaknesses (kelemahan). Hal-hal yang dapat dikontrol dan dapat berubah mengikuti perubahan yang terjadi di dalam suatu perusahaan.

Contoh dari Faktor internal ini meliputi sumber daya yang dimiliki, keuangan, kelebihan dan kekurangan suatu perusahaan, serta berbagai pengalaman dari organisasi sebelumnya.

– Faktor Eksternal

Faktor eksternal meliputi Opportunities (peluang) dan Threats (ancaman). Faktor eksternal ini mempengaruhi bisnis atau hal-hal yang terjadi di luar perusahaan pada pasar yang lebih besar. Kita dapat memanfaatkan peluang dan melindungi dari ancaman, tetapi Kita tidak dapat mengubahnya.

Contoh dari faktor eksternal ini adalah tren, budaya, sosial dan politik, ideologi, perekonomian suatu wilayah, perkembangan teknologi, peristiwa yang terjadi, lingkungan, dan faktor-faktor lainnya.

analisis swot

Contoh Analisis SWOT

– Strength (Kekuatan)

  • Kami dapat merespon dengan cepat setiap permintaan pelanggan tanpa harus melalui birokrasi yang panjang.
  • Kami memiliki biaya overhead yang rendah, sehingga dapat memberikan tawaran harga yang paling baik bagi pelanggan kami.
  • Kami sangat memperhatikan setiap permintaan dan kebutuhan pelanggan.
  • Kami sangat fleksibel dalam menangani setiap kasus dan permintaan pelanggan.
  • Kami memiliki reputasi yang baik pada market yang tekuni.

– Weakness (Kelemahan)

  • Staff kami masih memiliki kemampuan yang rendah dibidang-bidang tertentu.
  • Perusahaan kami memiliki keterbatasan dalam permodalan.
  • Cash flow kadang-kadang tidak lancar.
  • Lokasi kantor yang letaknya di tempat yang kurang strategis.

– Opportunities (Peluang)

  • Sektor yang kami tekun ini sedang mengalami kenaikan
  • Pemerintah sangat mendukung perusahaan lokal seperti kami

– Threats (Ancaman)

  • Perkembangan Teknologi yang cepat di market ini yang berada di luar kemampuan kami akan menyebabkan kami terlambat dalam mengadopsinya.
  • Perubahan strategi pesaing dapat mengancam posisi kami di market.
  • Kurangnya minat perbankan dalam membiayai pendanaan untuk industri yang kami tekuni saat ini.

Segala macam jenis kegiatan perusahaan membutuhkan sistem akuntansi yang baik. Dengan adanya sistem akuntansi dan laporan keuangan yang baik diharapkan segala bisnis perusahaan tersebut tetap sehat dan terus berguna bagi kepentingan banyak orang.

Membuat laporan keuangan merupakan hal yang sulit bagi kebanyakan orang. Kesalahan dalam membuat dan membaca laporan keuangan dapat berakibat fatal bagi bisnis yang sedang dijalani. Karena itu Finata hadir untuk mempermudah kita dalam membuat dan membaca laporan keuangan tersebut.

Dengan fitur diagnosis bisnis yang dimiliki oleh Finata, pemilik usaha akan mendapatkan notifikasi mengenai kesehatan usaha. Notifikasi inilah yang akan menjadi patokan yang akan membantu pemilik usaha dalam pengambilan keputusan untuk usahanya.

Jangan lupa follow instagram dan subscribe youtube kita untuk mendapatkan berbagai info menarik mengenai akuntansi, keuangan, bisnis, dan lainnya.

Share:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Konten Premium Finata Gratis!

Subscribe blog Finata untuk mendapatkan konten seputar keuangan bisnis, akuntansi, hingga pajak yang dirangkum untuk Anda.

Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
Video Training Untuk Mengasah Pengetahuan dan Keterampilan Akuntansi dalam Mengolah Data Laporan Keuangan.
Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
Video Training Untuk Mengasah Pengetahuan dan Keterampilan Akuntansi dalam Mengolah Data Laporan Keuangan
× Butuh Bantuan? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday