Pengertian Dan Contoh Analisis Rasio Aktivitas

by | Sep 15, 2020 | Keuangan, Laporan Keuangan | 0 comments

Analisis rasio aktivitas diperlukan suatu perusahaan barang ataupun jasa untuk menilai efisiensi suatu perusahaan dalam memanfaatkan aset yang dimiliki. Rasio aktivitas adalah salah satu rasio yang membandingkan antara tingkat penjualan dan investasi pada semua aktiva yang dimiliki perusahaan. Nah, dengan demikian maka fungsi akuntansi keuangan dapat berjalan dengan lancar.

Lalu seberapa penting analisis rasio aktivitas diperlukan? Sebelum beranjak ke sana, mari kita pahami lebih dulu apa itu analisis rasip aktivitas? Dalam sebuah perusahaan atau usaha penjualan dan beragam unsur aktiva haruslah seimbang. Misalnya saja contoh persediaan aktiva tetap dan aktiva lainnya. Aset atau aktiva yang tidak dimanfaatkan secara maksimal pada tingkat penjualan tertentu berakibat pada dana terhenti pada aktiva tersebut semakin besar. Padahal dana tersebut akan lebih bermanfaat atau bisa digunakan pada aktiva lain yang lebih produktif. Akuntansi sebagai sebuah sistem informasi dalam hal ini bisa memaksimalkan fungsinya.

Jenis-Jenis Analisis Rasio Aktivitas

Jika perusahaan Anda ingin membuat analisis rasio aktivitas, kenali lebih dulu jenis-jenis rasio aktivitas yang dikenal di dunia akuntansi.

Total Asset Turn Over Atau Perputaran Aktiva

Perputaran aktiva adalah perbandingan antara penjualan dengan total aktiva perusahaan dalam satu kurun waktu tertent, bisa satu bulan atau tiga bulan. Total asset turn over juga mencatat bahwa tingkat efisiensi pemakaian aktiva perusahaan secara keseluruhan dalam menghasilkan volume penjualan tertentu sudah sama atau sesuai dengan laporan perusahaan. Tentu saja kurun waktu atau periodenya sama.

Total assets turn over juga diukur dari volume penjualan. Semakin besar rasionya, itu menandakan operasional perusahaan semakin baik. Mengapa demikian? Sebab perputaran aktiva lebih cepat sehingga menghasilkan laba yang semakin cepat. Itu juga menandakan bahwa pemakaian aktiva dalam suatu perusahaan juga semakin optimal. Rasio yang tinggi juga bisa berarti jumlah aset yang dimiliki berpotensi memperbesar volume penjualan. Perputaran aktiva ini penting bagi perusahaan dan wajib diketahui oleh kreditur, pemilik perusahaan, dan manajemen.

Jika Anda ingin mengetahui efisiensi pemakaian seluruh aktiva perusahaan, berikut ini rumusnya.

  Total Assets Turn Over = Penjualan / Total Aktiva x 100%  

Rasio Perputaran Modal Kerja

Analisis rasio kedua adalah rasio perputaran modal kerja. Dalam rasio ini anda membandingkan antara penjualan dengan modal bersih suatu perusahaan. Nah, modal kerja dilihat dari aktiva lancar dikurangi utang lancar. Rasio ini lebih mengukur pada aktivitas bisnis dibandingkan dengan aktiva lancar atas kewajiban lancar.  Total nominal penjualan yang didapat perusahaan akan terlihat dalam rasio ini.

Rasio perputaran modal ini bisa dikatakan juga sebagai tolak ukur kemampuan modal kerja dalam satu periode siklus kas pada suatu perusahaan. Nah, rasio tersebut dinilai mampu memengaruhi pencatatan transaksi keuangan.

Modal kerja suatu usaha atau perusahaan bisa dikatakan efektif berpitar, apabila modal tersebut tidak berhenti. Artinya digunakan untuk operasional usaha. Periode perputaran modal kerja dimulai dari kas yang diinvestasikan dalam bagian modal kerja sampai kembali menjadi kas. Semakin pendek periode perputaran modal, maka semakin cepat modal berputar dan bisa digunakan untuk kepentingan perusahan lainnya.

Berikut ini rumusnya.

Perputaran Modal Kerja =Penjualan/ Modal Kerja Bersih atau Penjualan / Aktiva Lancar – Utang Lancar 

Baca juga: 5 Klasifikasi, Pengertian, dan Contoh Analisis Rasio Likuiditas

Rasio Perputaran Aktiva Tetap

Rasio ini untuk membandingkan antara penjualan dengan aktiva tetap suatu perusahaan. Ini untuk mengukur efektivitas penggunaan anggaran atau dana yang ada pada aktiva tetap. Rasio ini juga berfungsi untuk mengevaluasi kemampuan suatu usaha atau perusahaan dalam memanfaatkan aktivanya dengan lebih efektif. Semua pendapatan akan meningkat dan masukkan ke dalam laporan keuangan. Ini juga sebagai tolak ukur, apabila perputaran lambat, maka kapasitas akan semakin besar, dan aktiva tetap kurang efektif.

Berikut ini rumus untuk menghitung perputaran aktiva tetap.

Perputaran Aktiva Tetap = Penjualan / Aktiva Tetap x 100% 

Fungsi Rasio Aktivitas

ilustrasi fungsi analisis rasio aktivitas - Finata software akuntansi dan keuangan bisnis

Analisis rasio aktivitas suatu perusahaan tentunya dibuat bukan tanpa alasan. Suatu perusahaan yang ingin berkembang dan bahkan maju wajib memiliki analisis rasio aktivitas. Lalu apa saja fungsi dari rasio aktivitas?

  1. Analisis rasio aktivitas dibuat untuk mengetahui waktu yang diperlukan suatu perusahaan dalam satu periode akuntansi. Selain itu, juga mengukur efektivitas kerja perusahaan dalam  menagih piutang.
  2. Fungsi analisis rasio aktivitas juga untuk mengukur perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk penagihan piutang dalam satu periode akuntansi.  
  3. Suatu perusahaan pastilah memiliki stok barang. Nah, analisis rasio aktivitas berfungsi untuk memantau stok barang yang ada di perusahaan. Setelah itu membandingkan dengan target perusahaan yang sudah dibuat sebelumnya. Besaran perputaran modal perusahaan juga bisa dilihat dari analisis rasio aktivitas. Pemilik perusahaan juga bisa membandingkannya dengan hasil yang didapat dalam setiap modal diputar.  
  4. Adanya analisis rasio aktivitas, perusahaan juga bisa mengetahui perputaran modal yang ada pada setiap periode keuangan.  Sehingga modal yang ada lebih efektif dan efisien digunakan. Jika ada modal yang kurang efektif tentu bisa dimaksimalkan lagi.
  5. Analisis rasio aktivitas juga bisa untuk membandingkan penggunaan aktiva perusahaan dan penjualan dalam satu periode akuntansi.

Nah inilah contoh dan fungsi analisis rasio aktivitas yang bisa Anda terapkan pada usaha. Ini bisa digunakan untuk perusahaan kecil atau besar. Perusahaan rintisan sangat dianjurkan menerapkan analisis rasio aktivitas untuk perusahaan ke depannya. Jika sudah berkembang, tentu akan memudahkan investor menanamkan modal dengan adanya analisis rasio aktivitas.

Analisis rasio aktivitas dapat diketahui dengan mudah menggunakan aplikasi Finata.id dan berbagai fitur yang ada didalamnya. Selain berfungsi untuk menyusun laporan, aplikasi ini juga bisa membantu anda untuk mengelola bisnis atau usaha yang sedang anda jalani. Dijaman yang serba cepat dan modern ini, sudah saatnya bagi anda untuk mengganti cara-cara manual dengan menggunakan teknologi yang mempermudah kegiatan kita.

Baca juga: Apa Saja Analisis Rasio Keuangan Perusahaan Dan Cara Membacanya

Follow us:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

done for you finata
finata software akuntansi dan keuangan bisnis

E-Book Gratis

7 Kesalahan Fatal Dalam Mengelola Keuangan Bisnis

ebook gratis finata software akuntansi dan keuangan bisnis

Download