Analisa ROE sebagai Indikator Keberhasilan Suatu Bisnis

by | Feb 23, 2021 | Bisnis | 0 comments

analisa-roe

ROE (Return On Equity) merupakan rasio keuangan yang menggambarkan tingkat laba bersih usaha terhadap modal yang telah ditanamkan. Rasio ini sering dijadikan parameter untuk menilai kelayakan dari suatu bisnis sekaligus sebagai indikator keberhasilan bisnis.

Cerita singkat tentang Analisa ROE

Analisa ROE ini bisa kita tinjau dari cerita singkat terkait dua orang sahabat yang sama-sama merintis suatu usaha namun hasil yang dicapai keduanya memiliki perbedaan yang cukup besar.

Andi dan Budi adalah rekan kerja di sebuah perusahaan swasta terkenal. Pada suatu hari, mereka memutuskan untuk menerima paket pensiun dini dari perusahaan tersebut. Perusahaan memberikan kepada mereka uang pesangon yang lumayan besar.

Keduanya berpikir bahwa uang pesangon ini akan habis jika tidak dikelola dengan baik. Untuk itulah, Andi memutuskan untuk membuka sebuah usaha berupa minimarket, sementara budi memutuskan untuk berinvestasi dalam bidang properti.

Andi kemudian menyiapkan segala hal yang diperlukan untuk membuka sebuah minimarket. Seperti pengadaan bangunan toko, melakukan hiring karyawan, stok barang, dan sebagainya.

Tiga tahun berlalu, perusahaan Andi bisa dibilang lancar-lancar saja, uang untuk keperluan bisnis dan pribadi selama ini selalu mencukupi, tidak pernah kurang.

Pada suatu hari, Andi bertemu dengan kawan lamanya Budi yang tidak sengaja berbelanja di minimarket Andi Sejahtera. Mereka memutuskan untuk ngobrol-ngobrol sambil ngopi di kediaman Budi, letaknya kebetulan tidak terlalu jauh dari minimarket Andi. 

Andi kaget sekaligus kagum dengan gaya hidup baru Budi. Dulu dia ke kantor menggunakan motor bekas sepupunya, kemeja jarang ganti, rumah pun masih mengontrak, mirip lah dengan Andi semasa menjadi karyawan. Sekarang Budi memiliki 2 buah mobil, rumah yang megah, serta pakaian yang ia kenakan pun tampaknya brand import terkenal.

Sementara taraf hidup Andi yang sekarang pengusaha ritel minimarket tidak terlalu jauh dibandingkan dulu. Sekarang Andi punya mobil kol buntung, tapi itu pun untuk keperluan toko antar barang. Adapun rumah yang dulu mengontrak sekarang sudah bisa terbeli oleh Andi, meskipun hanya rumah sederhana tipe 21, tidak semewah rumah Budi.

Lantas Andi pun bertanya-tanya, “Mengapa diriku dan Budi ini memperoleh hasil yang berbeda dari modal yang sama? Padahal jumlah uang pesangon yang diberikan kantor kepada kami tidak ada perbedaan sepeserpun?”.

 

baca juga : mempertahankan pelanggan loyal untuk menaikkan roe usaha

ROE - Return on Equity

Kehebatan dari ROE ( Return on Equity )

Jawaban dari pertanyaan Andi ini, bisa ditemukan di ROE atau Return On Equity dari usaha yang dijalankannya.

Pada intinya, ROE ini adalah perhitungan mengenai berapa persen modal yang kita tanamkan membuahkan hasil berupa laba bersih.

Kemudian Andi pun mencoba-coba software Finata, di sana Andi memasukkan data neraca, penjualan sampai dengan biaya usaha dari sejak dirinya mulai membuka minimarket.

Diketahui hasil diagnosis bisnis Andi, nilai ROE-nya adalah sebesar 12% per tahun. Artinya dari seluruh modal yang telah Andi tanamkan di usaha minimarketnya tersebut selama 3 tahun rata-rata, setiap bulan hanya menghasilkan keuntungan sebesar 1 persennya. Jadi, misalkan pesangon yang ia peroleh adalah 500 juta rupiah, maka tiap bulan perusahaannya tersebut menghasilkan 5 juta rupiah.

Sementara di sisi lain, Budi memutuskan untuk menggunakan uang pesangon yang diperoleh untuk membeli sebuah properti di area strategis yang disewakan dengan menghasilkan tingkat keuntungan bersihnya sebesar 120% per tahun dari modal yang ditanamkannya.

Jika budi menanamkan modal untuk propertinya sebesar 500 juta rupiah, maka tiap bulannya dapat menghasilkan sebesar 50 juta, sehingga tak heran kalau harta kekayaan Budi jumlahnya berkali-kali lipat lebih besar daripada Andi.

Jadi, kesimpulannya adalah tergantung untuk apa uang pesangon tersebut digunakan sehingga memperoleh nilai manfaat dan nilai keuntungan yang besar. Serta bagaimana cara kita menganalisa data keuangan yang baik dan benar untuk mendapatkan keputusan terkait dasar tindakan perbaikan bisnis yang terbaik di masa depan. Analisa keuangan usaha ini bisa Anda lakukan dengan mudah menggunakan Fitur Diagnosis Bisnis Finata.id.

 

Jangan lupa follow instagram dan subscribe youtube kita untuk mendapatkan berbagai info menarik mengenai akuntansi, keuangan, bisnis, pajak, dan juga yang lainnya.

Share:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Konten Premium Finata Gratis!

Subscribe blog Finata untuk mendapatkan konten seputar keuangan bisnis, akuntansi, hingga pajak yang dirangkum untuk Anda.

Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
DISKON TERBATAS !! Sampai dengan 31 Juli 2021
Hanya Rp 199.000,-
Diskon 60%+60% Khusus Selama PPKM
Hanya Rp 199.000,-
Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
Diskon 60%+60% Khusus Selama PPKM
DISKON TERBATAS !! Sampai dengan 20 Juli 2021
× Butuh Bantuan? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday