Tips Bisnis Lancar hanya dengan Analisa dan Laporan Keuangan yang Baik

by | Feb 11, 2021 | Akuntansi, Laporan Keuangan | 0 comments

tips-bisnis-lancar

Analisa dan laporan keuangan yang baik adalah salah satu hal menjadi tantangan dan rintangan yang wajib dilalui bagi seorang pebisnis dalam berwirausaha. Banyak sekali hal yang harus Anda lakukan untuk menekan biaya operasional dalam aktivitas bisnis Anda agar profit lebih terlihat dirasakan manisnya.

Namun tentu tidak melupakan kualitas dan kuantitas yang baik untuk mendapatkan konsumen Anda. karena itu menjadi fokus utama dalam serangkaian kegiatan bisnis.

Meski demikian, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan profitabilitas perusahaan yaitu dengan melakukan perencanaan, peramalan dan mempertimbangkan banyak faktor dalam mengambil keputusan bisnis ke depannya.

Untuk dapat merencanakannya, salah satu di antaranya adalah analisa dan manajemen laporan keuangan yang baik dalam menentukan aktivitas bisnis. Dari situ, maka diperlukan:

– Pengelolaan laporan keuangan sesuai standar akuntansi

Rekapitulasi laporan penjualan dan pembelian, biaya dan hutang, piutang dan berbagai laporan yang diperlukan untuk keputusan bisnis. Laporan ini berupa laporan laba rugi, arus kas, hutang piutang, neraca, dan laporan audit lainnya.

 

– Pengelolaan data karyawan yang baik

Lakukan pencatatan data karyawan, mulai dari gaji, kompensasi, tunjangan, bonus dengan rapi dan akurat.

 

– Pengelolaan setor pajak yang benar

Dalam mengelola setor pajak perlu diperhitungkan besaran atau jumlah kewajiban yang harus dibayarkan sesuai data keuangan bisnis Anda. Sehingga membantu pemenuhan kewajiban pajak dalam lapor SPT sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

 

– Pengelolaan stok persediaan barang

Pentingnya melakukan aktivitas bisnis ini untuk menghitung stok persediaan barang baik retail / eceran, grosir, toko, maupun gudang yang mempermudah Anda dalam  mengontrol kegiatan bisnis yang sedang berlangsung.

 

– Menganalisa Kesehatan Keuangan Bisnis

Pentingnya menganalisa bisnis dalam mengukur dampak aktivitas bisnis terhadap penjualan untuk mencapai tujuan setiap perusahaan yaitu profitabilitas. Kegiatan manajemen produksi tidak terlepas dari pengelolaan persediaan bahan baku, bahan mentah, persediaan barang dalam proses, persediaan bahan pembantu dan lain-lain.  Dengan begitu pengelolaan aktivitas produksi jadi terkontrol. Selain itu, Anda juga perlu menganalisa kesehatan kas dan analisa manfaat hutang pada perusahaan Anda.

Dari beberapa hal yang disebutkan di atas, semuanya saling berkesinambungan dan sangat penting dalam membangun dan menjalankan suatu bisnis. Dengan begitu, maka bisnis Anda bisa menjadi lebih lancar keuangannya.

Jadi sekali lagi, tidak ada satu pun strategi yang tepat jika tidak dibarengi dengan manajemen laporan keuangan yang baik. Dengan laporan keuangan yang rapi, tertata, dan akurat, tentu Anda dapat menerapkan strategi analisa. Untuk memudahkan Anda dalam mendapatkan laporan keuangan yang rapi, tertata dan akurat, Anda bisa dapatkan kelima poin tersebut dalam software Finata.

Finata satu-satunya software diagnosis bisnis agar profit tumbuh eksponensial, tidak hanya pencatatan laporan keuangan biasa tetapi juga bisa melakukan analisa diagnosis bisnis dengan mudah, serta untuk membantu Anda menentukan dasar tindakan perbaikan bisnis selanjutnya.

Bagaimana sudahkah Anda siap untuk bisnis terus profit hanya dengan analisa dan laporan keuangan yang baik? Kelola laporan keuangan secara efektif dan efisien dengan Finata.

Jangan lupa follow instagram dan subscribe youtube kita untuk mendapatkan berbagai info menarik mengenai akuntansi, keuangan, bisnis, dan lainnya.

Share:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Konten Premium Finata Gratis!

Subscribe blog Finata untuk mendapatkan konten seputar keuangan bisnis, akuntansi, hingga pajak yang dirangkum untuk Anda.

Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
Video Training Untuk Mengasah Pengetahuan dan Keterampilan Akuntansi dalam Mengolah Data Laporan Keuangan.
Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
Video Training Untuk Mengasah Pengetahuan dan Keterampilan Akuntansi dalam Mengolah Data Laporan Keuangan
× Butuh Bantuan? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday