Pengertian Dan Tips Mendapatkan Pekerjaan Akuntan Publik

by | Dec 7, 2020 | Akuntansi, Bisnis | 0 comments

akuntan-publik

Suatu perusahaan yang profesional dan ingin berkembang pastilah membutuhkan bantuan seorang akuntan publik. Untuk apa? Tentunya untuk memeriksa dan menganalisis laporan keuangan perusahaan sehingga layak untuk dipublikasikan. Apalagi untuk perusahaan yang ingin melebarkan sayap, mendapatkan investor atau klien baru. Bahkan jika sebuah perusahaan siap masuk ke antrean bursa saham.

Pengertian Akuntan Publik

Akuntan publik adalah pekerjaan di bidang jasa profesional yang telah mengantongi sertifikat atau izin dari negara untuk berpraktik sebagai akuntan independen. Artinya jasa yang dia tawarkan bukan hanya untuk satu perusahaan saja akan tetapi bisa lebih dari satu perusahaan.

Untuk menjadi akuntan publik haruslah memiliki izin dan menjadi anggota Institut Akuntan Publik Indonesia. Sebagai informasi Institut Akuntan Publik Indonesia adalah asosiasi profesi akuntan publik yang diakui pemerintah dan berwenang mengaudit laporan keuangan.

Akuntan publik bisa juga disebut akuntan swasta yang bekerja secara independen. Dia tidak terikat dengan instansi atau lembaga manapun, sehingga perusahaan swasta atau lembaga pemerintah bisa menggunakan jasanya untuk memeriksa laporan keuangan.

Lalu, apa yang menjadi tugas akuntan publik? Dia bertugas untuk membuat analisis laporan keuangan, mengaudit laporan keuangan, termasuk mengaudit pajak, dan lain-lain. Perusahaan atau lembaga pemerintahan yang secara rutin membuat laporan keuangan untuk publik tentu membutuhkan jasa akuntan publik.

Akuntan publik membantu untuk menganalisis sehingga laporan keuangan yang disampaikan wajar, andal, dan memberikan manfaat bagi perusahaan atau lembaga terkait.  

Selain itu akuntan publik juga melakukan pemeriksaan agar tidak ada celah korupsi yang dilakukan oleh perusahaan. Celah korupsi dalam suatu perusahaan atau lembaga bisa terjadi lantaran tidak adanya pemeriksaan oleh akuntan publik.

Baca juga: Cara Dan Contoh Lengkap Membuat Laporan Keuangan Perusahaan Dagang

Layanan Akuntan Publik

Layanan akuntan publik dibutuhkan untuk perusahaan yang kesulitan dalam membuat laporan keuangan. Seringkali klien atau investor merasa tidak puas dengan laporan keuangan yang diberikan. Itu sebabnya banyak perusahaan yang membutuhkan layanan akuntan publik agar laporan keuangan mereka kredibel, wajar, dan tidak terdapat celah untuk penyalahgunaan.

Berikut ini adalah jenis layanan akuntan publik yang bisa diakses oleh perusahaan.

1. Jasa Audit Laporan Keuangan

Akuntan publik disebut juga auditor independen. Akuntan publik akan memberikan audit secara umum laporan keuangan.  Akuntan publik dalam auditnya memberikan pendapat terkait kewajaran laporan keuangan perusahaan. Pendapat tersebut tentunya terkait dengan aturan atau prinsip dasar akuntansi yang digunakan, yaitu laporan keuangan yang sesuai dengan rekomendasi IAI yaitu standar akuntansi dan praktik lain yang ada dalam aturan IAI.  

2. Jasa Audit Khusus

Akuntan publik juga bisa memberikan jasa audit keuangan secara khusus. Artinya  sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Adit tersebut bisa audit akun atau laporan keuangan yang dilakukan berdasarkan aturan yang ada.

Audit dibikin sesuai dengan akuntansi komprehensif. Audit keuangan khusus ini memang ditujukan secara khusus, misalnya laporan suatu perusahaan kepada pemilik pemilik perusahaan atau pemegang saham. Namun perlu juga dipahami bahwa audit khusus dilakukan dengan tetap menerapkan standar akuntansi keuangan yang berlaku.

3. Jasa Atestasi

Jasa ini memang dikerjakan oleh akuntan publik dengan penerbitan laporan  yang  berisi suatu kesimpulan secara tertulis. Jasa atestasi ini dikerjakan melalui proses pemeriksaan, review atau penilaian, dam prosedur yang disepakati bersama.

Pemeriksaan yang dilakukan bisa berupa proyeksi atau perkiraan keuangan, pelaporan informasi, pelaporan struktur pengendalian intern, dan lain-lain. Dalam kerjanya tentu saja akuntan publik harus berdasar atau berpedoman pada standar atestasi yang telah ditetapkan.

4. Review Laporan Keuangan

Suatu perusahaan yang sedang berkembang pasti membutuhkan jasa akuntan publik untuk memberikan review laporan keuangan. Apalagi ketika suatu perusahaan mulai membuka pintu investasi dengan pihak lain atau bahkan masuk ke pasar modal. Tentunya laporan keuangan harus sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku.

Biasanya review akan dilakukan dengan cara tanya jawab dengan pihak pembuat laporan atau manajer terkait dan analisis yang berdasarkan pada standar jasa akuntansi yang ada.  

5. Jasa Kompilasi Laporan Keuangan

Akuntan publik juga bisa melakukan laporan keuangan dengan bersadar catatan keuangan suatu perusahaan dan data pendukung lainnya. Data ini bisa diakses melalui pihak manajemen perusahaan. Akan tetapi akuntan, tidak memberikan pendapat wajar atau tidak laporan keuangan  yang dibuat.

Isi laporan keuangan adalah tanggung jawab sepenuhnya pihak perusahaan dalam hal ini adalah manajemen terkait keuangan. Kompilasi laporan keuangan berdasarkan standar jasa akuntansi keuangan yang berlaku.

6. Jasa Konsultasi

Akuntan publik juga memberikan jasa konsultasi yang kompeten. Antara lain jasa konsultasi umum untuk manajemen perusahaan, pengaplikasian sistem akuntansi, penyusunan laporan dan proposal keuangan, penyelenggaraan diklat, seleksi dan rekrutmen karyawan, dan juga pelaksanaan merger atau akuisisi perusahaan.

Baca juga: Konsep Jurnal Akuntansi dan Buku Besar Yang Perlu Dipahami

Tips Mendapatkan Pekerjaan Akuntan Publik

Akuntan publik tentu memiliki sertifikat yang diakui. Mereka harus melalui ujian bertingkat untuk mendapatkan pengakuan negara dan bisa melakukan pemeriksaan.

Akuntan publik bisa bekerja sendiri ataupun melalui suatu komunitas atau kantor akuntan publik. Tentu saja jika melalui kantor akuntan publik, pekerjaan sudah tersedia. Akuntan publik hanya melalukan tugasnya sesuai dengan aturan yang berlaku.

Seorang akuntan publik haruslah memiliki komitmen yang kuat terhadap etika profesi. Ini akan menyangkut kredibilitas di kantor dan kepercayaan klien terhadap pekerjaan akuntan publik. Jika baru saja lulus menjadi akuntan publik tentu bisa magang terlebih dahulu, Mencari pengalaman sebanyak-banyaknya sangat dianjurkan bagi mereka yang baru saja mengantongi sertifikat sebagai akuntan publik.

Aktivitas akuntansi dapat diselesaikan dengan mudah menggunakan aplikasi Finata.id dan berbagai fitur yang ada didalamnya. Selain berfungsi untuk menyusun laporan, aplikasi ini juga bisa membantu anda untuk mengelola bisnis atau usaha yang sedang anda jalani. Dijaman yang serba cepat dan modern ini, sudah saatnya bagi anda untuk mengganti cara-cara manual dengan menggunakan teknologi yang mempermudah kegiatan kita.

Jangan lupa follow instagram dan subscribe youtube kita untuk mendapatkan berbagai info menarik mengenai akuntansi, keuangan, bisnis, dan lainnya.

Follow us:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Konten Premium Finata Gratis!

Subscribe blog Finata untuk mendapatkan konten seputar keuangan bisnis, akuntansi, hingga pajak yang dirangkum untuk Anda.