Akuntan : Pengertian, Tugas, dan Tanggung Jawabnya

by | Aug 5, 2021 | Akuntansi, Keuangan, Pajak | 0 comments

akuntan

Dalam sebuah perusahaan pasti membutuhkan seseorang yang bertugas dalam mengatur pencatatan keuangan hingga mengatur dan mengelola finansial perusahaan. Pengelolaan finansial ini mulai dari modal, pendapatan, pengeluaran, pajak, hingga laba rugi yang didapatkan oleh perusahaan.

Akuntan adalah orang yang bertanggung jawab dalam pengaturan semua elemen keuangan tersebut. Nah Apa sih sebetulnya akuntan itu? Yuk kita bahas.

Pengertian Akuntan

Dalam pengertian singkat, Akuntan adalah seorang ahli akuntansi yang bertugas dalam menyusun, membimbing, mengawasi, menginspeksi, dan memperbaiki tata buku serta administrasi perusahaan atau instansi pemerintah.

Gelar akuntan ini diberikan kepada seseorang yang telah menempuh pendidikan sarjana di fakultas ekonomi jurusan akuntansi dan telah lulus Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk).

Profesi ini membutuhkan tanggung jawab yang besar karena diharuskan untuk teliti dalam pencatatan dan perhitungan data keuangan untuk menghindari kesalahan yang berakibat fatal.

Dengan menggunakan aplikasi akuntansi Finata, maka pengelolaan akuntansi dan pembuatan laporan keuangan akan semakin lebih mudah.

Selain itu, Finata juga memiliki fitur untuk mendiagnosis kesehatan bisnis sehingga Anda dapat membuat keputusan dengan lebih tepat.

Tugas dan Tanggung Jawab Akuntan

Seorang akuntan memiliki tugas dan tanggung jawab yang besar. Tugas dan tanggung jawab tersebut antara lain :

– Membuat catatan keuangan

Tugas utama seorang akuntan adalah pencatatan keuangan yang terjadi di dalam perusahaan. Proses pencatatan ini harus dilakukan dengan baik karena nasib perusahaan sangat bergantung pada laporan keuangan yang dibuat oleh akuntan ini.

– Melakukan Evaluasi Anggaran

Evaluasi anggaran adalah upaya yang dilakukan oleh akuntan untuk melakukan peningkatan keuangan di suatu institusi atau perusahaan.

– Mengatur Pembayaran Pajak

Seorang akuntan memiliki keahlian dalam mengurus dan mengatur pajak yang tidak hanya melengkapi formulir dengan data-data saja. Akuntan memiliki pengetahuan yang cukup mengenai pajak dan dapat membantu perusahaan dalam melakukan perhitungan pajak secara efisien.

– Menyelidiki Kecurangan

Selalu ada saja oknum pegawai yang melakukan kecurangan di dalam suatu perusahaan. Maka dari itu pihak perusahaan membutuhkan seorang akuntan dalam menyelidiki kecurangan tersebut karena kecurangan tersebut bisa menjadi masalah besar di dalam perusahaan.

Baca juga : Pengertian, Jenis, Fungsi, dan Tahapan Audit 

– Mengontrol Keuangan

Seorang akuntan memiliki peran dalam mengatur keuangan dan memastikan kestabilannya di dalam perusahaan. Mengawasi arus keluar masuk keuangan sangatlah penting untuk menghindari uang yang disalahgunakan untuk keperluan yang tidak penting.

– Mengatasi Masalah Keuangan

DI dalam perusahaan bisa saja terjadi permasalahan keuangan yang berakibat fatal untuk perusahaan tersebut. Tugas seorang akuntan adalah mengatasi masalah rumit tersebut.

– Meningkatkan Keuntungan

Tujuan dalam berbisnis tentu adalah mencari keuntungan. Dengan memiliki laporan keuangan yang baik, maka seorang akuntan akan dapat mengambil sikap untuk menentukan strategi bisnis kedepannya sehingga perusahaan bisa mendapatkan keuntungan lebih baik dari sebelumnya.

Keahlian Akuntan

Seseorang dengan profesi akuntan biasanya memiliki berbagai keahlian, yaitu sebagai berikut:

  • Akuntansi biaya
  • Pengauditan
  • Sistem akuntansi
  • Akuntansi keuangan
  • Teori akuntansi
  • Sistem informasi manajemen
  • Perpajakan

Dengan menggunakan aplikasi akuntansi Finata, maka pengelolaan akuntansi dan pembuatan laporan keuangan akan semakin lebih mudah.

Selain itu, Finata juga memiliki fitur untuk mendiagnosis kesehatan bisnis sehingga Anda dapat membuat keputusan dengan lebih tepat.

Kode Etik Akuntan

Akuntan memiliki kode etik tersendiri dalam menjalankan profesinya. Kode etik ini disusun oleh Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI) yang menjadi pedoman seorang akuntan dalam menjalankan profesinya.

Kode etik yang dirancang oleh IAI tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Tanggung jawab profesi, selalu menggunakan pertimbangan moral dan profesional dalam semua kegiatan yang dilakukan.
  2. Kepentingan publik, semua tindakan wajib berada dalam kerangka pelayanan publik, kepercayaan publik, dan menunjukkan komitmen atas profesionalisme.
  3. Integritas dalam rangka memelihara dan meningkatkan kepercayaan publik harus memenuhi tanggung jawab profesionalnya dengan integritas tinggi.
  4. Objektivitas, semua kegiatan perhitungan dan pengolahan harus menjaga objektivitas, netral, dan tak terpengaruh kepentingan tertentu.
  5. Kompetensi dan kehati-hatian.
  6. Kerahasiaan dan menjaga informasi yang diperoleh selama melakukan perhitungan dan pengolahan
  7. Standar teknis, melaksanakan jasa sesuai standar teknis dan standar profesional yang berlaku

Jenis Akuntan

Akuntan sendiri memiliki beberapa jenis tergantung dimana dia akan bekerja. Jenis-jenis akuntan tersebut antara lain :

– Akuntan Perusahaan

Akuntan perusahaan adalah seorang akuntan yang mengabdikan diri atau bekerja pada suatu organisasi atau perusahaan. Beberapa tugas yang harus dilaksanakan oleh akuntan perusahaan antara lain adalah menyusun anggaran perusahaan, menyusun laporan akuntansi tertuju untuk pihak di luar perusahaan, menyusun sistem akuntansi, dan mengurus permasalahan pajak.

– Akuntan Publik

Akuntan publik merupakan seorang akuntan yang bertugas untuk melayani masyarakat dalam lingkup publik dan sedang memerlukan jasa akuntan. Beberapa pekerjaan yang harus dilakukan oleh akuntan publik antara lain adalah memeriksa laporan keuangan, menyusun sistem akuntansi dan jasa lainnya secara independen.

– Akuntan Pemerintah

Akuntan pemerintah adalah seorang akuntan yang bekerja untuk perusahaan-perusahaan milik pemerintah. Biasanya, akuntan pemerintah bekerja untuk memeriksa dan mengawasi aliran keuangan negara dan membuat rancangan sistem akuntansi tertuju untuk pemerintah.

– Akuntan Pendidik

Akuntan pendidik adalah seorang akuntan yang bekerja di lembaga-lembaga bidang pendidikan. Beberapa tugas yang harus dilaksanakan akuntan pendidik antara lain adalah membuat dan merancang kurikulum pendidikan akuntansi, mengajar akuntansi, dan melakukan penelitian di bidang ilmu akuntansi.

– Akuntan Internal

Akuntan internal adalah seorang akuntan yang dapat ditemukan pada perusahaan. Akuntan internal menduduki suatu jabatan baik staf hingga kepala bagian akuntansi atau direktur keuangan. Tugasnya antara lain menyusun laporan keuangan hingga menyusun anggaran perusahaan.

– Akuntan Pajak

Akuntan pajak adalah seorang akuntan yang berfokus pada pencatatan dan pembukuan pajak perusahaan. Tugasnya ialah mengatur keuangan yang akan dilaporkan ke Direktorat Jenderal Pajak.

– Akuntan Syariah

Akuntan syariah adalah Seorang akuntan syariah biasanya dipekerjakan pada perusahaan yang berpatokan kepada hukum syariah Islam. Karena berpatokan pada syariah, standar kerjanya sesuai dengan Standar Akuntansi Syariah dan juga berpegang pada keputusan MUI. Akuntan syariah terbilang sangat baru dan masih jarang ditemukan di Indonesia.

Dengan menggunakan aplikasi akuntansi Finata, maka pengelolaan akuntansi dan pembuatan laporan keuangan akan semakin lebih mudah.

Selain itu, Finata juga memiliki fitur untuk mendiagnosis kesehatan bisnis sehingga Anda dapat membuat keputusan dengan lebih tepat.

Begitulah beberapa hal yang harus kamu ketahui mengenai akuntan. Dalam menyusun laporan keuangan, seorang akuntan sangatlah dibutuhkan oleh perusahaan. Selain menyusun, membaca laporan keuangan juga sangat penting sehingga perusahaan dapat menentukan apa yang harus dilakukan kedepannya.

Profesi akuntan ini sangat dimudahkan karena saat ini telah hadir software akuntansi Finata. Software akuntansi ini dapat membantu seorang akuntan dalam menyusun laporan keuangan perusahaan.

Selain itu Aplikasi akuntansi Finata ini juga dapat melakukan diagnosis kesehatan bisnis yang sangat penting dilakukan oleh seorang akuntan dalam mengambil keputusan penting di perusahaan.

Jangan lupa follow instagram dan subscribe youtube kita untuk mendapatkan berbagai info menarik mengenai akuntansi, keuangan, bisnis, dan lainnya.

Share:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Konten Premium Finata Gratis!

Subscribe blog Finata untuk mendapatkan konten seputar keuangan bisnis, akuntansi, hingga pajak yang dirangkum untuk Anda.

Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
Video Training Untuk Mengasah Pengetahuan dan Keterampilan Akuntansi dalam Mengolah Data Laporan Keuangan.
Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
Video Training Untuk Mengasah Pengetahuan dan Keterampilan Akuntansi dalam Mengolah Data Laporan Keuangan
× Butuh Bantuan? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday