9 Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Pinjam Ke Bank

by | Nov 25, 2020 | Bisnis, Keuangan | 0 comments

modal-usaha

Cara mendapatkan modal usaha, Jika saat ini Anda ingin berbisnis di bidang tertentu, segeralah melakukan sejumlah perencanaan diiringi langkah berani untuk memulainya. Jangan segera mundur atau menundanya jika terkendala modal. Di era digital saat ini, ada banyak kemudahan dan dukungan bagi para pelaku usaha. Cara mendapatkan modal usaha kini tidak harus mengandalkan pinjaman bank saja.

Ketika cara mendapatkan modal usaha melalui lembaga perbankan sulit dilakukan karena banyak persyaratan yang rigid, ada banyak pintu lainnya yang bisa Anda tempuh untuk mendapatkan dana segar. Nominal dananya bahkan bisa Anda sesuaikan dengan jenis usaha yang ingin Anda geluti. Sebab, beda bidang usaha, pasti berbeda pula besaran modal yang dibutuhkan.

Berikut ini sejumlah cara legal dan aman yang bisa Anda tempuh untuk mendapatkan modal usaha selain meminjam ke bank.

1. Menggadaikan Aset Tertentu

Mendapatkan modal usaha tidak harus dengan cara meminjam. Dana segar bisa Anda dapatkan dengan menggadaikan aset di institusi gadai terpercaya. Aset yang digadaikan bisa bermacam-macam, misalnya emas, barang elektronik, alat-alat pertanian atau peternakan, kendaraan serta sertifikat tanah dan rumah.

Jika Anda memiliki salah satu aset di atas, tapi sedang butuh dana cepat untuk mengembangkan bisnis tertentu, aset tersebut bisa digadaikan. Dengan perjanjian tertentu, Anda bisa mendapatkan aset tersebut setelah mengembalikan dana gadai secara mengangsur. Jadi, Anda tidak harus kehilangan aset, sembari menjalankan bisnis.

 

2. Mengandalkan Uang Tabungan

Jika Anda seorang yang rajin menabung sejak kecil, selamat karena uang tabungan Anda mungkin berguna di masa kini sebagai salah satu cara mendapatkan modal usaha.

Dengan mengandalkan uang tabungan, Anda tidak perlu repot-repot membuat pengajuan dan terbebani bunga pinjaman. Anda hanya perlu mengatur kembali rencana keuangan agar tabungan Anda tidak habis meski dipakai modal, justru bertambah dari omzet bisnis.

Baca juga: Pengertian Remunerasi dan Hal Penting untuk Kemajuan Bisnis

 

3. Menjual Aset Berharga

Bagi sebagian orang, menjual aset berharga untuk mengembangkan bisnis bisa jadi pilihan tepat, ketimbang digadaikan. Bisnis Anda mungkin membutuhkan modal yang lumayan besar sehingga dana tidak akan cukup jika hanya menggadaikan aset tersebut. Cara mendapatkan modal usaha dengan menjual aset harus diiringi dengan perencanaan dan target bisnis yang matang.

Anda mungkin saat ini akan kehilangan aset yang dijual, misalnya kendaraan, properti, perhiasan, tanah warisan, atau apapun yang berharga milik Anda. Tapi ketika bisnis Anda berjalan lancar, Anda tentu saja bisa mengganti aset yang terjual dengan yang baru di mana nilai investasinya lebih tinggi.

Intinya, segala keputusan pasti berisiko. Maka dari itulah seorang pebisnis harus pandai menyusun strategi agar risiko rugi diminimalisasi.

 

4. Ikut Pelatihan Keahlian Tertentu

Cara Mendapatkan Modal Usaha yang selanjutnya adalah dengan mengikuti pelatihan keahlian tertentu. Biasanya pemerintah atau lembaga pemberdayaan ekonomi tertentu menganggarkan dana untuk membantu modal usaha masyarakat.

Tapi Anda harus terlebih dahulu berpartisipasi dalam pelatihan, workshop maupun training guna memastikan dana yang disalurkan benar-benar dimanfaatkan untuk pengembangan bisnis. Pada situasi tertentu, lembaga-lembaga ini juga mendukung masyarakat agar lebih mudah jika ingin mengajukan pinjaman ke bank.

 

5.  Cari Partner Bisnis

Ketika Anda merasa punya kemampuan untuk mengembangkan bisnis tertentu, tapi terhambat modal, ajaklah teman atau saudara Anda yang kira-kira bisa dijadikan partner bisnis. Yakinkan mereka untuk berinvestasi dan mendukung permodalan dengan pola kerja sama joint venture.  

Pastikan Anda dan partner bisnis telah membuat perjanjian yang telah disepakati bersama. Dengan begitu, diharapkan tidak terjadi konflik di kemudian hari dalam urusan pembagian kerja, bagi hasil keuntungan maupun pertanggungjawaban jika terjadi kerugian bisnis.

Cara lainnya yakni dengan menjadi dropshipper. Partner bisnis Anda tidak harus meminjamkan modal untuk Anda. Jika mereka punya barang yang ingin dipromosikan atau dijual, Anda bisa mengambil kesempatan ini untuk mendapatkan modal usaha. Jika ada konsumen yang ingin membeli produk tersebut melalui Anda, selamat mendapatkan keuntungan dari harga lebih yang Anda tetapkan.

 

6. Bisnis Menggunakan Sistem Down Payment

Bisnis di bidang tertentu memungkinkan Anda untuk menggunakan sistem pembayaran down payment alias bayar di muka. Dalam hal ini, modal awal untuk produksi dibebankan pada konsumen. Bisnis sablon, katering, laundry, atau jasa cetak buku sering menggunakan cara ini untuk mendapatkan modal usaha.

Anda memang tidak akan mendapatkan dana penuh untuk modal produksi. Biasanya konsumen akan dibebankan pembayaran di awal sebesar 30 hingga 50 persen atau berdasarkan kesepakatan. Tapi dengan cara ini setidaknya beban modal bisa lebih ringan dan bisnis bisa terus berjalan.

 

7.  Cari Sponsor Via Website

Ini merupakan cara mendapatkan modal usaha yang tengah populer saat ini, dipelopori oleh kalangan muda. Mula-mula Anda bisa memasang iklan melalui website atau media sosial tertentu yang menyediakan jasa crowdfunding. Singkatnya, ini merupakan jalinan kerja sama untuk menggalang dana dengan menarik simpati publik.

Anda bisa mempromosikan rencana bisnis yang mengusung nilai sosial atau kemanusiaan. Misalnya bisnis tanaman obat, peternakan organik, bisnis untuk membiayai anak yatim dan bisnis lainnya. Dengan begitu, orang-orang akan tertarik untuk menjadi sponsor bisnis Anda. Utamakanlah aspek kejujuran dan tanggung jawab sehingga Anda terhindar dari ancaman penipuan publik.

Dengan kesepakatan tertentu, Anda harus memberikan reward pada website tersebut setelah berhasil menghimpun dana dari khalayak. Di antara situs-situs crowdfunding yang populer di Indonesia di antaranya Wujudkan, KitaBisa, dan AyoPeduli.

Dana untuk modal dengan cara ini memang tidak pasti, bisa besar, bisa juga kecil, bergantung jenis bisnis dan cara Anda menarik simpati publik. Tapi tidak ada salahnya untuk mencoba cara ini untuk mendapatkan modal usaha, bukan?

 

8. Membuka Bisnis Waralaba

Bisnis franchise atau waralaba bisa Anda coba untuk mendapatkan modal usaha. Anda tidak perlu repot-repot mengonsep bisnis, dekorasi, brand dan hal teknis lainnya karena itu semua sudah ditangani oleh partner bisnis Anda. Cara ini akan menghemat waktu serta pengeluaran karena Anda tinggal menjalankan bisnis tersebut.

Jika Anda tertarik untuk menjalankan bisnis waralaba untuk mendapatkan modal, selektif lah memilih rekan bisnis. Misalnya, Anda ingin membuka franchise ayam goreng karena lokasi usaha Anda dekat kampus atau komplek perumahan. Pemilihan waralaba yang tepat akan membuat omzet bisnis cepat melonjak dan Anda bisa mendapatkan modal untuk membangun usaha lainnya.

Baca juga: Macam-Macam Surat Berharga yang Penting untuk Diketahui

 

9.  Meminjam Modal Dari Keluarga Atau Teman

Jika Anda memiliki teman atau keluarga yang kondisi perekonomiannya cukup baik, mungkin merupakan ide bagus untuk meminjam uang sebagai cara mendapatkan modal usaha. Meminjam uang dengan cara ini biasanya membuat Anda tidak perlu membayar bunga, serta pengembaliannya pun tidak perlu terburu-buru.

Meski begitu, Anda tetap harus meyakinkan teman atau keluarga yang uangnya ingin dipinjam, bahwa Anda punya komitmen tinggi untuk segera melunasinya di kemudian hari. Jika perlu, Anda sendiri yang harus menetapkan target kapan uang akan dikembalikan. Jika tidak, mungkin jalinan silaturahim Anda dengan peminjam uang akan terganggu.

Agar modal dapat dimanfaatkan dengan baik perlu sistem akuntansi yang sesuai standar. Saat ini tersedia software akuntansi gratis Finata, yaitu software untuk mencatat keuangan dan menghasilkan laporan keuangan sesuai standar. Sehingga penggunaan modal dapat terpantau dengan baik.

Jangan lupa follow instagram dan subscribe youtube kita untuk mendapatkan berbagai info menarik mengenai akuntansi, keuangan, bisnis, dan lainnya.

Follow us:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Konten Premium Finata Gratis!

Subscribe blog Finata untuk mendapatkan konten seputar keuangan bisnis, akuntansi, hingga pajak yang dirangkum untuk Anda.