6 Strategi Bisnis UMKM Di Tengah Pandemi Virus Corona

by | Mar 2, 2021 | Bisnis | 0 comments

6-strategi-bisnis-UMKM

Wabah virus Corona yang menyerang perekonomian Indonesia sangat dirasakan bagi pelaku UMKM. Itulah mengapa pemilik dan pengelola UMKM harus benar-benar cerdas dalam menyiasati strategi bisnis UMKM di tengah pandemi virus Corona ini.

Terlebih lagi dengan diterapkannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang membuat kegiatan belajar, bekerja dan beribadah semua dilakukan di rumah.

Dengan adanya pembatasan sosial yang diterapkan selama masa pandemi virus Corona ini membuat pelaku UMKM kehilangan pendapatannya bahkan hingga 0 rupiah perhari.

Bertahan di tengah pandemi virus Corona ini tentunya menyulitkan terutama bagi pelaku UMKM yang masih menggunakan cara tradisional dalam menjualkan barangnya.

 

Baca juga : 10 bisnis yang laris saat pandemi covid-19

Strategi Bisnis UMKM Di Tengah Pandemi Virus Corona

Berikut strategi bisnis UMKM yang bisa diterapkan agar bisa bertahan di tengah pandemi virus Corona :

 

– Takeaway Delivery

Strategi yang bisa dilakukan oleh UMKM agar terus mendapatkan penghasilan,  dengan cara menerapkan sistem Takeaway Delivery. Di tengah pandemi virus Corona, permintaan Takeaway Delivery lebih meningkat dibanding hari biasanya.

Selain mengurangi pertemuan secara fisik, Takeaway Delivery juga bisa menjadi langkah preventif dalam mencegah penyebaran virus Corona.

 

– Pembayaran Non Tunai

Strategi bisnis UMKM yang kedua adalah dengan menerapkan pembayaran non tunai di setiap transaksi penjualan.

Anda bisa menggunakan pembayaran non tunai dengan menggunakan digital payment atau debit. Selain meminimalisir penerimaan uang secara fisik. Dengan menggunakan pembayaran non tunai, ini juga bisa menjadi langkah preventif pencegahan penyebaran virus Corona.

 

– Digitalisasi Produk

Buat katalog produk dalam bentuk digital secara lengkap agar konsumen masih tetap bisa mengetahui produk atau menu apa saja yang Anda jual. Selain itu, Anda juga bisa memaksimalkan marketplace untuk membantu memasarkan produk Anda.

Maksimalkan pula media sosial yang Anda kelola. Di tengah pandemi virus Corona dan penerapan pembatasan sosial, penjualan fisik sangat menurun drastis. Dengan memaksimalkan media sosial dan marketplace, bisa membantu Anda untuk terus bertahan di tengah pandemi virus Corona.

Anda juga bisa mencoba mengiklankan produk Anda secara online, baik dari Google Ads maupun bantuan influencer yang bisa mendongkrak penjualan Anda.

 

– Digital Marketing

Selain itu Anda juga bisa memanfaatkan database konsumen agar bisa kembali membeli produk bisnis Anda. Anda bisa mengirimkan email katalog produk melalui Email, Whatsapp maupun media sosial lainnya agar konsumen mengingat kembali produk Anda.

 

– Higienitas

Strategi bisnis UMKM yang kelima adalah menjaga higienitas. Tingkatkan kepercayaan konsumen sebagai bisnis yang memperhatikan higienitas bagi konsumen, stakeholder dan karyawan dengan menggunakan masker, hand sanitizer serta menjaga kebersihan lingkungan tempat produksi.

Lakukan campaign yang menunjukkan bahwa Anda memperhatikan higienitas produk yang Anda jual untuk menambah nilai kepercayaan kepada konsumen

 

– Gunakan Laporan Keuangan Berbasis Cloud

Monitoring laporan keuangan secara real time dengan memanfaatkan software keuangan berbasis cloud. Dengan penerapan kebijakan Work From Home (WFH), Anda akan tetap dapat memantau lajur keuangan perusahaan dengan memanfaatkan software berbasis cloud.

Sebagai software berbasis cloud, dengan software Finata, Anda bisa memonitoring lajur pergerakan keuangan secara real time.

Selain itu, Anda juga bisa melihat analisa laporan keuangan bisnis Anda dengan fitur Diagnosis Kesehatan Bisnis. Sehingga dapat membantu Anda dalam mengambil langkah-langkah keputusan bisnis selama masa pandemi virus Corona ini.

Demikian strategi bisnis UMKM yang dapat Anda terapkan untuk bisa tetap bertahan di masa pandemi ini. Lakukan pengembangan atau variasi produk untuk dijual, cara pemasaran yang berbeda, dan kelola laporan keuangan Anda secara teratur agar bisnis Anda terhindar dari kebangkrutan.

Jangan lupa follow instagram dan subscribe youtube kita untuk mendapatkan berbagai info menarik mengenai akuntansi, keuangan, bisnis, dan lainnya.

Share:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Konten Premium Finata Gratis!

Subscribe blog Finata untuk mendapatkan konten seputar keuangan bisnis, akuntansi, hingga pajak yang dirangkum untuk Anda.

Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
DISKON TERBATAS !! Sampai dengan 31 Juli 2021
Hanya Rp 199.000,-
Diskon 60%+60% Khusus Selama PPKM
Hanya Rp 199.000,-
Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
Diskon 60%+60% Khusus Selama PPKM
DISKON TERBATAS !! Sampai dengan 20 Juli 2021
× Butuh Bantuan? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday