6 Peluang Bisnis Syariah

by | Apr 8, 2021 | Bisnis

peluang-bisnis-syariah

Peluang Bisnis Syariah – Indonesia merupakan negara dengan penduduk ke-4 terbanyak di dunia dengan angka populasi 270,6 juta orang (pada 2019) dengan populasi umat muslim sebesar 86,7% atau sebanyak 235,6 juta orang. Dengan jumlah penduduk muslim sebesar itu, Indonesia merupakan negara dengan populasi umat muslim terbesar di dunia saat ini.

Populasi manusia yang banyak, membutuhkan konsumsi yang banyak pula. Segala jenis bisnis dilakukan untuk memenuhi kebutuhan setiap orang. Namun dengan banyaknya penduduk muslim di Indonesia, tentu kita membutuhkan bisnis yang sesuai dengan norma Agama dan tidak bertentangan dengan Syariat Islam.

Bisnis syariah merupakan jenis bisnis yang saat ini sedang berkembang di Indonesia. Bisnis ini berpotensi terus bertumbuh sejalan dengan tingginya minat dari masyarakat terhadap jenis bisnis yang Islami ini. Untuk lebih tahu tentang apa itu bisnis syariah bisa dicek disini ya…

Nah sekarang kita bahas yuk, kira-kira apa saja sih peluang-peluang bisnis syariah ini?

Contoh Peluang Bisnis Syariah

1. Kuliner Halal

Makanan merupakan kebutuhan pokok dari manusia, tetapi mengkonsumsi makanan yang halal adalah hal yang wajib bagi umat muslim. Ada beberapa jenis makanan yang dikategorikan haram, contoh termudah adalah alkohol dan daging babi.

Membuka kuliner yang halal bisa menjadi salah satu contoh peluang bisnis tersebut. Tapi jangan lupa, agar bisa lebih meyakinkan calon pembeli sebaiknya Anda mengurus sertifikasi halal untuk produk makanan Anda di Majelis Ulama Indonesia (MUI).

2. Busana Muslim

Sebagai umat Islam, menutup aurat adalah suatu kewajiban. Apalagi untuk kaum hawa, para wanita dilarang untuk menggunakan pakaian yang terbuka. Karena itulah bisnis busana muslim merupakan bisnis yang sangat populer untuk dijalankan.

Beberapa contoh busana muslim yang dapat dijual adalah gamis, jilbab, terusan, baju, sarung, dan hal-hal sejenisnya.

3. Salon Muslimah

Salon adalah tempat yang sangat diminati oleh wanita, begitu pula oleh wanita muslimah. Akan tetapi di salon biasanya mempekerjakan karyawan lelaki juga. Sebagai wanita muslim yang diwajibkan untuk menutup aurat, hal tersebut sangatlah tidak nyaman karena wanita diharuskan menjaga aurat.

Nah bisnis salon muslimah adalah hal yang tepat untuk menangani hal-hal seperti ini.

Untuk konsepnya sendiri sebetulnya tidak jauh beda dengan salon pada umumnya seperti perawatan rambut, manicure, pedicure, pijat, spa, dan lainnya. Namun salon ini tidak mempekerjakan laki-laki dan tidak memperbolehkan setiap laki-laki untuk masuk.

4. Kosmetik Halal

Saat ini banyak sekali merk produk kosmetik untuk wanita, namun sangat jarang produk kosmetik tersebut mencantumkan status halal pada produknya. Hal ini membuat wanita muslimah merasa ragu untuk menggunakan produk tersebut.

Bisnis ini bisa jadi salah satu peluang, dengan memproduksi produk kosmetik menggunakan bahan yang halal dan mengantongi sertifikasi halal, kita dapat meyakinkan para muslimah untuk menggunakan produk kita.

5. Bisnis Travel dan Umroh

Menjadi negara dengan populasi muslim terbesar di dunia, setiap tahun jutaan jemaah haji dan umroh berangkat dari Indonesia. Tentu saja menjadi peluang yang bagus untuk membuka bisnis travel dan umroh.

Untuk menjalani bisnis ini tentu tidak mudah. Selain dengan modal usaha yang besar, kita diharuskan memiliki dokumen-dokumen resmi. Dokumen yang harus dimiliki adalah sebagai berikut :

  • Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
  • Izin biro wisata

Selain dokumen-dokumen tersebut, Anda juga harus terdaftar di dalam dua organisasi berikut ini :

  • Association The Indonesia Tour and Travel Agencies (ASITA)
  • International Air Transportation Association (IATA)

Itulah beberapa persyaratannya, jangan lupa Anda harus memberikan pelayanan terbaik sepanjang perjalanan para jemaah tersebut agar bisnis Anda selalu berjalan dengan baik dan amanah.

6. Jasa Les mengaji

Mengaji merupakan hal yang sangat penting bagi umat muslim. Pendidikan mengaji harus diterapkan sejak dini agar anak-anak kita menjadi anak yang soleh dan solehah. Selain untuk anak-anak, pelajaran mengaji sebetulnya masih dilakukan untuk remaja ataupun dewasa.

Membuka jasa les mengaji merupakan salah satu bisnis yang menarik.

Kenapa menarik? Selain kita bisa mendapatkan penghasilan, Insya Allah ilmu yang kita berikan akan menjadi berkah untuk diri kita sendiri. Pahala yang diberikan oleh Allah kepada kita akan menjadi bekal yang bisa dinikmati di akhirat kelak.

Mungkin itu beberapa contoh bisnis syariah yang bisa dicoba. Bisnis apapun dapat menjadi mudah bila kita paham untuk membuat dan membaca laporan keuangan. Dengan laporan keuangan yang baik dan pengambilan keputusan yang tepat, kita dapat meminimalisir resiko kerugian yang akan dialami oleh bisnis yang kita miliki.

Finata merupakan salah satu aplikasi akuntansi yang saat ini banyak dipasaran. Namun Finata adalah satu-satunya aplikasi akuntansi yang dapat mendiagnosis kesehatan keuangan dari bisnis Anda. Cobain Finata sekarang juga, dan rasakan bedanya.

Jangan lupa follow instagram dan subscribe youtube kita untuk mendapatkan berbagai info menarik mengenai akuntansi, keuangan, bisnis, dan lainnya.

Share:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Dapatkan Konten Premium Finata Gratis!

Subscribe blog Finata untuk mendapatkan konten seputar keuangan bisnis, akuntansi, hingga pajak yang dirangkum untuk Anda.

Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
Video Training Untuk Mengasah Pengetahuan dan Keterampilan Akuntansi dalam Mengolah Data Laporan Keuangan.
Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
Video Training Untuk Mengasah Pengetahuan dan Keterampilan Akuntansi dalam Mengolah Data Laporan Keuangan
× Butuh Bantuan? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday