Select Page

Kesuksesan suatu bisnis tidak melulu ditentukan oleh besarnya modal yang dimiliki, tetapi juga manajemen finansialnya—dalam hal ini kegiatan akuntansinya. Meski bukan tergolong aktivitas produktif yang dapat meningkatkan profit, akuntansi sesungguhnya memiliki peran dan kontribusi yang besar bagi bisnis itu sendiri.

Daftar isi:
1. Pengendali Keuangan
2. Sumber Informasi Keuangan Perusahaan
3. Teknis dan Operasional Bisnis
4. Perencanaan Keuangan
5. Saran

Secara general, akuntansi merupakan sumber segala informasi yang berkaitan dengan keuangan dan ekonomi perusahaan. Adapun peran spesifik akuntansi bisnis meliputi:

1. Pengendali Keuangan

Keberhasilan bisnis sangat ditentukan oleh kondisi finansialnya. Nah, di sinilah peran akuntansi diperlukan:

  • Memastikan arus kas perusahaan tetap stabil.
  • Lewat sistem akuntansi yang baik, nominal biaya dan beban produksi bisa diukur dengan jelas, sehingga pengeluaran dapat dikontrol dan dikendalikan semaksimal mungkin.

2. Sumber Informasi Keuangan Perusahaan

 

 

Keadaan keuangan perusahaan adalah salah satu hal yang sering dijadikan dasar pengambilan keputusan suatu bisnis. Contohnya:

  • ketika cashflow perusahaan terhambat, akuntansi bisa dijadikan rujukan untuk melihat permasalahan yang terjadi dan bagaimana solusi terbaiknya.

Artinya, jika arus kas terganggu (misalnya klien yang selalu terlambat melunasi invoice), maka perusahaan bisa memulai pendekatan dengan klien, bukan justru menghabiskan modal untuk memenuhi biaya dan aset produksi. Selain itu, akuntansi juga sangat diperlukan sebagai bahan menyusun pembukuan atau laporan keuangan perusahaan.

3. Teknis dan Operasional Bisnis

 

 

Manfaat akuntansi tak hanya berhenti sampai di situ. Sebagian peran lainnya juga berkaitan dengan teknis dan operasional perusahaan, seperti mencatat pembayaran gaji karyawan, tagihan rutin, pemeliharaan stok produksi, penagihan pelanggan, piutang dagang, dan kegiatan operasional sehari-hari lainnya.

4. Perencanaan Keuangan

 

 

Jika Anda ingin mengetahui masa depan suatu bisnis, lihatlah bagaimana aktivitas akuntansinya berlangsung. Ya, kegiatan yang satu ini bisa menjadi cerminan maju tidaknya perusahaan di masa yang akan datang.

Dengan perencanaan keuangan yang matang, setiap langkah, strategi, dan cara yang ditempuh untuk mencapai tujuan tertentu akan menjadi lebih jelas, realistis, dan ter-arah. Sistem akuntansi sebuah perusahaan yang baik akan menghasilkan informasi keuangan yang efektif pula.

Akuntansi Bisnis: Ini yang Harus Anda Lakukan

 

 

Nah, setelah memahami pentingnya manfaat akuntansi bagi bisnis, kini tugas Anda adalah merencanakan dan mengelola keuangan perusahaan sebaik mungkin. Untuk memudahkan kegiatan ini, gunakan saja software akuntansi berbasis web dari Finata.

Selain membantu Anda menyusun laporan keuangan dengan mudah dan cepat, Anda juga dapat memantau kondisi finansial perusahaan secara real time, di mana pun dan kapan pun. Finata juga dilengkapi fitur khusus untuk menghitung pajak usaha secara mudah, lho.

Ayo, daftarkan bisnis Anda sekarang juga di Finata. Ada layanan gratis selamanya untuk UMKM beromzet kurang dari Rp300 juta!

Related Articles: