15 Peluang Usaha Di Tahun 2021

by | Nov 23, 2020 | Bisnis | 0 comments

peluang-usaha

Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuka pintu-pintu peluang usaha baru di 2021. Kesempatan memulai dan menjalankan bisnis pun semakin mudah dan praktis, meskipun tingkat persaingannya pun semakin tinggi. Jika saat ini Anda sedang mencari info seputar peluang usaha yang menjanjikan di 2021, berikut ini kami sajikan informasinya untuk Anda.

1.  Menjadi Blogger Atau Youtuber

Ketekunan yang diiringi kreativitas untuk menghasilkan konten yang menarik serta bermanfaat sangat dibutuhkan ketika menjalankan usaha ini. Ketika karya Anda dapat atensi tinggi dari publik, jagalah agar traffic kunjungan per harinya terus meningkat dan stabil agar iklan-iklan yang sudah siap dipasang berpeluang dijangkau pula oleh pemirsa Anda. Dari sinilah uang akan masuk dengan nominal yang tak dengan karya akan diapresiasi di 2021. Jika Anda merasa punya kemampuan di bidang tulis-menulis dan jurnalistik, mengapa tidak menjadi blogger untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah? Jika Anda lebih tertarik berbagi cerita, informasi dan karya apa saja dalam bentuk visual, Anda bisa menjadi konten kreator di Youtube, alias jadi Youtuber.

Tapi tentu saja peluang usaha untuk mendapatkan penghasilan dari blog maupun Youtube tidak sesederhana yang diceritakan. Mula-mula Anda harus siap menyuguhkan konten kreatif secara reguler. Selanjutnya, blog atau Youtube Anda harus dimonetisasi dengan syarat dan ketentuan tertentu agar iklan-iklan bisa terpasang. terduga. Anda bahkan berpeluang mendapatkan passive income dari peluang usaha yang satu ini.

Meski begitu, tidak sedikit para konten kreator pemula yang berhenti di tengah jalan karena merasa jalan usaha yang satu ini tidak kunjung menghasilkan uang. Mereka tidak cukup sabar dan merasa kalah saing. Di sisi lain, Anda juga harus waspada dalam membuat konten. Jangan sampai konten Anda melanggar hak kebebasan publik atau merugikan orang lain sehingga harus terjerat kasus hukum.

 

2. Menjadi Penulis Lepas

Masih berkaitan dengan apresiasi karya, peluang usaha selanjutnya yang cukup menjanjikan di 2021 adalah menjadi seorang penulis lepas. Jika merintis usaha sebagai blogger belum kunjung menghasilkan uang, Anda bisa mengiringi usaha dengan tetap mengoptimalkan kemampuan Anda di bidang kepenulisan.

Saat ini ada banyak perusahaan dan unit bisnis yang membutuhkan jasa penulis untuk mengisi konten promosi dan official website mereka. Banyak juga perusahaan jasa penulis artikel yang membutuhkan para penulis yang siap bekerja sama menyediakan artikel sesuai pesanan. Tulisan biasanya akan dibayar per kata atau per artikel, atau ada juga per proyek, menyesuaikan dengan kualitas tulisan Anda.

 

3. Menjalankan Bisnis Afiliasi

Bisnis digital juga membuka peluang usaha di bidang afiliasi. Ini merupakan hubungan kerja sama di mana Anda menjadi cabang dari unit bisnis yang lebih besar. Anda bertugas mempromosikan atau merekrut orang untuk menjadi konsumen atau berpartisipasi dalam bisnis induk. Jika Anda berhasil melakukan perekrutan, Anda berhak mendapatkan revenue sharing sesuai kesepakatan di awal kemitraan.

Saat ini menjalankan bisnis afiliasi relatif mudah. Anda tidak harus selalu berpromosi, karena perusahaan induk telah mempersiapkannya bersama tim marketing. Anda hanya perlu membagikan link kemitraan di media sosial dengan sedikit kata-kata, lalu biarkan orang-orang tertarik dan bergabung ke bisnis induk melalui Anda. Ini merupakan peluang usaha yang juga bisa menghasilkan passive income menjanjikan.

 

4. Bisnis Fotografi

Kemampuan mengoperasikan kamera dan mengambil gambar atau video bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan di 2021. Orang di zaman sekarang memang sudah bisa menjadi fotografer pribadi dengan menggunakan kamera yang ada di smartphone mereka. Tapi di momen tertentu, seperti pernikahan, acara ulang tahun atau syukuran, orang-orang lebih suka menggunakan layanan eksklusif bekerja sama jasa fotografer.

Peluang usaha fotografi tak hanya sekadar memotret. Anda juga bisa memotret banyak hal untuk dijual di situs penyedia foto online. Situa-situs tersebut di antaranya pixabay.com, shutterstock.com, fotolia.com dan lain-lain. Sediakan pula layanan edit foto, album dan bingkai foto, edit video serta jasa penyewaan kamera. Skill Anda di bidang fotografi yang didukung kepercayaan dan kepuasan pelanggan akan membuat bisnis semacam ini bertahan lama dan berkelanjutan.

Meski begitu, Anda juga harus memperhatikan risiko bisnis. Alat-alat fotografi seperti kamera mungkin bisa rusak sewaktu-waktu makanya Anda harus punya back up alat maupun file nya. Penyimpanan file foto dan video milik konsumen juga mesti diperhatikan agar tidak tertukar atau hilang.

Baca juga: Cara Menghitung Modal Kerja Perusahaan

 

5. Usaha Kuliner Unik

Sejak dulu hingga kini, kuliner unik selalu diminati karena mengundang rasa penasaran siapa saja untuk mencicipinya. Jika Anda hobi memasak atau meracik makanan, peluang usaha jenis ini patut dicoba. Kuliner unik yang dimaksud misalnya menjual snack tradisional, jajanan khas daerah tertentu, cemilan dengan rasa dan nama yang unik serta pilihan rasa yang biasa saja hingga yang menantang lidah.

Bisnis semacam ini mungkin akan ramai di awal-awal perintisan. Tapi waspadalah karena jika Anda tidak konsisten dalam menjaga kualitas rasa, berinovasi atau berpromosi, mungkin pelanggan Anda akan bosan dan berhenti memesan produk Anda. Manfaatkan pula media sosial untuk berpromosi dan berjualan secara maksimal.

 

6. Bisnis Kuliner Rumahan

Jika modal dan fasilitas memadai, Anda juga bisa membuka bisnis kuliner rumahan sebagai peluang usaha yang cocok dijalankan di 2021. Meski bisnis serupa sudah banyak, tapi peluang mendapatkan konsumen selalu terbuka lebar. Sebab, semua orang perlu makan dan akan selalu penasaran untuk makan di tempat baru.

Sama seperti bisnis kuliner unik, perhatikanlah selalu kualitas rasa dan pelayanan, serta jangan abaikan inovasi dan promosi. Ketetapan harga untuk porsi-porsi tertentu juga harus diperhatikan agar selalu di batas wajar. Anda juga bisa sesekali memanjakan konsumen dengan harga promo agar pelanggan semakin setia dan selalu kembali makan di tempat Anda.

 

7. Jual Pulsa Dan Kuota Internet

Hampir semua orang saat ini memiliki smartphone dan mereka semua pastinya butuh pulsa dan kuota internet agar bisa bermain-main dengan gawainya. Karena itulah, berjualan pulsa dan kuota bisa jadi peluang usaha yang menjanjikan. Meski begitu, Anda harus berhati-hati terhadap pelanggan yang berhutang dan lama membayarnya. Dalam banyak kasus, bisnis semacam ini cepat bangkrut karena hal ini.

 

8.  Buka Jasa Laundry

Kesibukan masyakarat perkotaan membuat mereka tidak punya waktu untuk memasak dan mencuci pakaian. Anda bisa mengambil peluang ini untuk membuka jasa laundry kiloan dan mendapatkan keuntungan yang lumayan. Perhatikanlah soal penempatan pakaian bersih dan kotor, serta belajarlah untuk rapi mengelompokkan pakaian milik pelanggan Anda. Jangan sampai tertukar atau hilang sehingga mengecewakan pelanggan.

 

9. Buka Jasa Penitipan Anak

Bagi Anda yang senang dengan anak kecil dan tinggal di perkotaan, mengapa tidak membuka usaha penitipan anak? Sediakanlah tempat yang nyaman untuk bermain dan belajar anak. Keluarga yang orang tuanya berkarier akan tertarik menitipkan anak mereka jika Anda bisa memastikan anak-anak mereka aman dan nyaman selama ditinggalkan.

 

10. Usaha Travel

Optimalkanlah fungsi kendaraan Anda agar bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Jika Anda punya mobil atau bus, usaha travel layak dijajal untuk membantu mobilisasi konsumen Anda. Perhatikanlah surat-surat dan dokumen kendaraan agar perjalanan mengantar orang-orang lancar tanpa kendala. Anda juga bisa merekrut sopir yang berpengalaman jika jasa travel ramai penumpang.

 

11. Jasa Percetakan

Meski zaman sudah serba digital, orang-orang masih tetap membutuhkan percetakan untuk membuat buku, kartu undangan, dan karya tercetak apa saja. Jasa percetakan akan jadi peluang usaha yang masih menjanjikan di 2021. Dalam menjalankan bisnis ini, iringilah kemampuan desain grafis karena biasanya konsumen juga membutuhkan jasa pengeditan.

 

12. Salon Kecantikan

Bagi Anda yang terampil di bidang seni kecantikan, asahlah keahlian tersebut dengan membuka salon kecantikan. Kegiatan Anda nantinya akan beragam, dari mulai potong rambut, mewarnai rambut, masker, make up hingga praktik permanen seperti sulam alis dan bibir. Kepuasan konsumen harus jadi prioritas, makanya Anda harus memperhatikan kenyamanan dan hasil akhir pekerjaan Anda.

Baca juga: Manfaat Toko Online Bagi Penjual yang Perlu Anda Ketahui

 

13. Ternak Unggas

Jika Anda memiliki lahan dan modal yang cukup, usaha ternak unggas seperti ayam atau bebek bisa dijajal untuk mendapatkan omzet berlimpah di 2021. Pemeliharaan ternak cukup mudah dan panennya pun relatif cepat. Anda bisa bekerja sama dengan restoran, hotel dan tempat makan lainnya untuk menyalurkan hasil ternak unggas Anda. Perhatikan pula kebersihan dan teknis penyembelihan agar produk Anda terpercaya kesehatan dan kehalalannya.

 

14. Usaha Pertanian Organik

Meski akan menjadi produk premium, hasil pertanian organik sangat menjanjikan karena bisa masuk pasar premium. Jadi, peluang usaha jenis ini patut dicoba, terutama bila Anda gemar bercocok tanam serta peduli akan kesehatan lingkungan. Diperlukan ketekunan dan kesabaran untuk menghasilkan pertanian organik yang berlimpah. Tapi tenang saja, kerja keras Anda akan berbuah manis ketika masa panen dan penjualan tiba.

 

15. Reparasi Barang Elektronik

Keahlian membongkar pasang barang elektronik juga bisa dijadikan peluang usaha yang menjanjikan di 2021. Banyak orang yang hanya bisa membeli barang elektronik seperti penanak nasi, setrika, mesin cuci dan yang lainnya. Tapi ketika rusak, mereka akan mencari Anda untuk memperbaikinya. Ketimbang mahal membeli baru, reparasi barang elektronik masih diprioritaskan oleh sebagian besar masyarakat.

Itulah 15 peluang usaha di tahun 2021. Untuk memulai usaha agar tidak salah melangkah perlu perencanaan yang matang. Terutama perencanaan keuangan. Bisnis perlu didukung oleh alat bantu untuk mengelola keuangan seperti Finata, yaitu software akuntansi dan keuangan bisnis yang berguna untuk mencatat dan menganalisa keuangan bisnis. Jadi apapun jenis usahanya yang Anda coba di tahun 2021, Finata bisa membantu dalam pengelolaan keuangan usaha Anda.

Share:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Konten Premium Finata Gratis!

Subscribe blog Finata untuk mendapatkan konten seputar keuangan bisnis, akuntansi, hingga pajak yang dirangkum untuk Anda.

Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
Video Training Untuk Mengasah Pengetahuan dan Keterampilan Akuntansi dalam Mengolah Data Laporan Keuangan.
Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
Video Training Untuk Mengasah Pengetahuan dan Keterampilan Akuntansi dalam Mengolah Data Laporan Keuangan
× Butuh Bantuan? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday