10 Ide Bisnis Online Dengan Modal Kecil

by | Nov 27, 2020 | Bisnis | 0 comments

ide-bisnis-online

Ide bisnis online atau berbisnis di era digital sudah menjadi trend baru, bahkan digandrungi kalangan muda. Kemudahan teknologi komunikasi bahkan memungkinkan kita untuk merintis beragam ide bisnis online dengan modal kecil. Yang Anda butuhkan mungkin hanya smartphone dan biaya untuk membeli kuota internet. Fasilitas yang biasanya Anda gunakan untuk bermain-main kini bisa diseriusi untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Lantas apa saja usaha online yang bisa segera dimulai dengan modal yang pas-pasan? Berikut ini 10 ide bisnis online yang bisa Anda rintis agar bisa mengantarkan Anda menuju gerbang kesuksesan.

1. Menjadi Dropshipper Atau Reseller

Berjualan barang atau jasa saat ini tidak harus melulu memiliki produk atau lapak di pasar. Ketika modal Anda terbatas untuk menyediakan kios dan produk tertentu, Anda bisa memulainya dengan menjadi dropshipper atau reseller.

Untuk dropshipper, Anda hanya berposisi sebagai calo yang menawarkan barang tertentu milik supplier, tapi Anda sama sekali tidak menyetok barang di rumah Anda. Jika ada konsumen yang ingin membeli, Anda tinggal menyambungkan pemesanan ke supplier dengan mengambil keuntungan dari harga lebih yang telah ditetapkan. Urusan pengiriman barang dibebankan pada pemilik produk.

Berbeda dengan reseller, Anda harus berbelanja barang dari supplier pilihan Anda dalam jumlah tertentu untuk mendapatkan potongan harga. Nantinya, Anda sendiri yang harus putar otak mencari konsumen agar produk Anda laku dengan harga konsumen.

Meski usaha online ini nyaris tanpa modal, Anda harus selektif memilih supplier yang benar-benar menjual barang berkualitas, tapi harganya tidak mahal. Jangan sampai Anda mengecewakan konsumen karena supplier Anda memberikan pelayanan yang tidak sesuai dengan apa yang dipromosikan atau diiklankan.

2. Merintis Toko Online

Ketika Anda sudah merasa sukses sebagai dropshipper atau reseller, mengapa Anda tidak segera meningkatkan status sebagai pemilik toko? Anda hanya perlu mengeluarkan modal untuk pengadaan produk. Selebihnya, urusan kios dan promosi bisa dikerjakan melalui jalur digital dan itu semua nyaris tanpa biaya. Memiliki toko sendiri akan menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi, ketimbang hanya menjadi reseller atau dropshipper.

Mula-mula, tetapkanlah produk barang atau jasa apa yang ingin Anda pasarkan. Jika Anda senang merancang busana, Anda bisa menjual produk fashion. Begitu pula ketika Anda senang melukis. Anda bisa membuka jasa pembuatan lukisan berdasarkan pesanan konsumen.

Setelah menetapkan jenis produk yang ingin dipasarkan, segeralah membuat toko online melalui website, media sosial dan marketplace. Anda bisa memanfaatkan konsumen lama yang sudah loyal atau beriklan dengan biaya yang bisa disesuaikan dengan kemampuan untuk menjangkau konsumen baru.

Selain gemar berpromosi, pedagang online juga harus menjaga kredibilitasnya untuk membangun kepercayaan publik. Tidak sedikit kasus penipuan terjadi dalam transaksi online sehingga semua orang harus waspada. Penjagaan kualitas produk harus diimbangi dengan pembangunan kepercayaan public dengan sejumlah testimoni.

3. Menjadi Konten Kreator

Jika Anda merasa cukup kreatif, produktif dan disiplin, mengapa tidak menjalankan ide bisnis online yang cukup popular saat ini yakni menjadi konten creator. Jika Anda senang dengan dunia kepenulisan, teknologi digital memfasilitasinya dengan keberadaan blog. Sementara itu jika Anda ingin berkarya lewat audio visual, Anda bisa memanfaatkan channel Youtube untuk memproduksi ragam karya.

Cemerlangnya, baik blog maupun Youtube membuka peluang masuknya pundi-pundi rupiah dengan cara dimonetisasi. Singkatnya, akun Anda akan bisa dipasang iklan komersial dengan syarat dan ketentuan tertentu. Ketika pembaca atau pemirsa Anda mengklik iklan yang dipasang di postingan atau video Anda, maka dari sanalah uang akan berkumpul tak terhingga.

Meski begitu, Anda harus memperhatikan banyaknya pesaing yang juga ingin sukses sebagai konten creator. Dibutuhkan kesabaran, ketekunan, pikiran yang selalu optimis, serta sikap disiplin dan produktif untuk mengantarkan Anda ke gerbang popularitas dan kemapanan lewat bisnis konten.    

Baca juga: Informasi Lengkap Seputar Modal Ventura

4. Buka Layanan Endorse

Media sosial membuat semua orang bisa jadi selebritas. Ketika Anda merasa bisa menginspirasi banyak orang dalam banyak hal, misalnya, pemikiran, fashion, selera dan yang lainnya, lalu jumlah followers Anda menyaingi para artis di layar kaca, tidak ada salahnya untuk membuka layanan endorse.

Untuk mempromosikan barang dagangannya, para pebisnis biasanya mencari influencer untuk pasang iklan. Selanjutnya, mereka siap membayar Anda berdasarkan kesepakatan jika produk mereka dipromosikan di akun media sosial pribadi Anda.

Selayaknya selebritas, Anda harus menjaga image agar selalu dipandang memiliki karakter yang konsisten. Dengan begitu, bisnis layanan endorse Anda akan terus berjalan dan penggemar Anda mungkin akan terus bertambah. Hindari memulai konflik dengan influencer atau artis lain agar nama baik Anda tetap terjaga.

5. Menjadi Penulis Freelance

Skill menulis yang Anda miliki juga bisa dijadikan ide bisnis online yang selanjutnya yakni  menjadi penulis freelance. Saat ini dunia bisnis dan hiburan membutuhkan banyak konten dan naskah agar bisa menang dalam popularitas di mesin pencari internet. Anda bisa mengambil peluang ini dengan membuat artikel sesuai pesanan, dan Anda akan dibayar per kata atau per proyek yang telah disepakati.

6. Buka Jasa Desain Grafis

Keahlian di bidang desain grafis juga bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah. Sama seperti poin 5, Anda bisa memanfaatkan keahlian ini untuk memenuhi permintaan dunia kreatif dan bisnis dalam kepentingan yang beragam.

7. Menjadi Penerjemah Online

Kemampuan berbahasa asing Anda harus dioptimalkan. Jangan hanya berpikir untuk menjadi guru bahasa. Justru kemampuan Anda diburu oleh banyak pihak, terutama dari kalangan bisnis, sehingga Anda bisa menjadikan kemampuan ini sebagai ide bisnis online yang menguntungkan. Anda bisa menerjemahkan apa saja, dari mulai naskah, lirik lagu, rekaman hasil wawancara dan yang lainnya.

8. Buka Kursus Online

Kecenderungan orang-orang untuk belajar secara praktis dan bebas macet bisa dimanfaatkan untuk membuka kursus online. Situasi ini didukung dengan banyaknya perusahaan yang mewadahi media pembelajaran online dan live streaming seperti Zoom. Silakan membuka kelas online dengan rangkaian topic yang menarik. Jika ada yang ingin serius belajar, mereka pasti rela membayar tiket untuk masuk ke kelas Anda.

9. Jasa Admin Media Sosial

Para pebisnis online yang sudah ramai konsumen biasanya akan merekrut admin agar tidak kelimpungan dalam melayani pesanan yang berlimpah. Sebagai admin, Anda harus piawai melayani dengan ramah dan sopan, serta teliti dalam mencatat pesanan. Ini akan membuat konsumen merasa puas dan kembali berbelanja melalui Anda.

Baca juga: Pengertian Leverage, Jenis dan Manfaatnya

10. Jasa Konsultasi Online

Rupanya ragam konsultasi pun bisa menjadi ide bisnis online yang menjanjikan. Mungkin Anda memiliki pengetahuan yang mumpuni di bidang agama atau psikologi. Ketika di luar sana ada banyak orang yang butuh layanan konsultasi agar keluar dari masalahnya masing-masing, Anda bisa menawarkan jasa ini untuk membantu banyak orang sekaligus mendapatkan uang.

Di dalam berbisnis online juga penting untuk mengelola keuangan dengan baik. Saat ini tersedia software akuntansi dan keuangan bisnis yaitu Finata. Dengan Finata Anda bisa mencatat transaksi dengan rapi dan sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku. Laporan keuangan akan terbuat secara otomatis langsung setelah Anda menginput transaksi. Di Finata ini juga tersedia informasi analisa keuangan yang akan memberi tahu Anda bagaimana kondisi keuangan bisnis Anda.

Jangan lupa follow instagram dan subscribe youtube kita untuk mendapatkan berbagai info menarik mengenai akuntansi, keuangan, bisnis, dan lainnya.

Share:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Konten Premium Finata Gratis!

Subscribe blog Finata untuk mendapatkan konten seputar keuangan bisnis, akuntansi, hingga pajak yang dirangkum untuk Anda.

Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
Video Training Untuk Mengasah Pengetahuan dan Keterampilan Akuntansi dalam Mengolah Data Laporan Keuangan.
Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
Video Training Untuk Mengasah Pengetahuan dan Keterampilan Akuntansi dalam Mengolah Data Laporan Keuangan
× Butuh Bantuan? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday